Indikator Kinerja: Benefit dan Impact

Apa perbedaan benefit dan impact? Bagaimana memproyeksi atau mengukur impact di masa depan?

Penilaian kinerja suatu organisasi dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap tolak ukur dan target kinerja yang terdiri dari input (masukan), output (keluaran), outcome (hasil), benefit (manfaat), dan impact (dampak).

Berhubungan dengan judul tulisan ini, mengenai perbedaan antara benefit dan impact serta cara mengukurnya, terdapat beberapa pengertian mengenai benefit dan impact tersebut.

Benefit (manfaat) adalah manfaat adalah kegunaan suatu keluaran yang dirasakan langsung oleh masyarakat, dapat berupa tersedianya jasa atau fasilitas yang dapat diakses oleh publik. Pengertian lain menyebutkan bahwa manfaat adalah indikator kinerja berdasarkan tingkat kemanfaatan yang dapat dirasakan sebagai nilai tambah bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah dari hasil (outcome).

Sedangkan pengertian dari impact (dampak) adalah ukuran tingkat pengaruh sosial, ekonomi, lingkungan, atau kepentingan umum lainnya yang dinilai oleh pencapaian kinerja setiap indikator dalam suatu kegiatan. Pengertian lainnya adalah Adalah tolok ukur kinerja berdasarkan dampaknya terhadap kondisi makro yang ingin dicapai dari manfaat.

Terdapat persamaan yang menonjol atas dua indikator tersebut, antara benefit dan impact sama-sama baru tampak setelah beberapa waktu kemudian, khususnya dalam jangka menengah dan panjang. Oleh karena itu, indikator benefit dan impact ini hanya akan terlihat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Sedangkan perbedaan antara dua indikator tersebut antara lain, indikator benefit (manfaat) menunjukkan hal yang diharapkan untuk dicapai bila keluaran dapat diselesaikan dan berfungsi dengan optimal (tepat waktu, lokasi, dana dll), oleh karena itu benefit selalu sebuah hal yang positif. Sedangkan Indikator impact (dampak) menunjukkan dasar pemikiran kenapa kegiatan dilaksanakan, menggambarkan aspek makro pelaksanaan kegiatan, tujuan kegiatan secara sektoral, regional dan nasional. Terdapat dua kemungkinan impact yang dihasilkan dari kinerja suatu organisasi, yaitu impact postif dan impact negatif. Akan tetapi, dalam suatu rencana pembangunan pastilah hanya impact positif yang diharapkan terjadi.

Berikut adalah contoh mengenai benefit (manfaat) itu sendiri:

  1. Peningkatan hasil akreditasi sekolah/PT dalam jangka menengah dan jangka panjang
  2. Penurunan sekolah/PT yang tidak terakreditasi dalam jangka panjang.
  3. Meningkatnya peringkat sekolah.
  4. Meningkatnya pelaksanaan/implementasi 8 standar pendidikan.

Sedangkan berikut adalah contoh mengenai impact (dampak), baik yang positif maupun yang negatif:

Dampak Positif:

  1. Produktivitas kegiatan masyarakat/ekonomi meningkat.
  2. Pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.

Dampak Negatif:

  1. Pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
  2. Akibat dari pncemaran, banyak menimbulkan kematian bagi binatang-binatang, manusia dapat terkena penyakit, hilangnya keindahan alam dan lain-lain.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suatu impact tidak bisa terukur dalam waktu dekat dan hasil pengukurannya akan lebih baik jika dilakukan oleh pihak pengguna layanan. Oleh karena itu, untuk dapat mengukur dampak dari sebuah kebijakan, kita harus menganalisis kondisi yang terjadi secara teliti dan melalui sumber yang objektif.

source: http://suprieyblog.blogspot.com/2010/04/indikator-kinerja-kebijakan-publik.html ; http://www.batan.go.id/bkhh/index.php/renstra-bkhh.html ; http://www.bappedajakarta.go.id/download/2%20Indikator%20Kinerja.pdf

Neneng Tri Rahayu Siswaty
103060017520
3-J Akuntansi (26)
About these ads

Leave a comment

Filed under Tugas Kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s